• Kontak Kami
  • Hotline : 082215019047
  • SMS : 082215019047
  • BBM : D85AA350

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Tahukah Anda Asal Usul Kata Lebaran Tersebut ?

Tahukah Anda Asal Usul Kata Lebaran Tersebut ?

Diposting pada 23 March 2017 oleh admin

Kata “lebaran” tentu sudah tidak asing lagi, bahkan tidak terasa “sebentar lagi lebaran” akan datang. Namun, tahukah Anda asal usul kata lebaran tersebut?

Selama ini mungkin kita bertanya-tanya  dari manakah asal-usul kata “lebaran” karena kata ini ternyata tidak dikenal di bahasa Arab.

Lebaran yang dikenal juga dengan nama Idul Fitri adalah hari raya umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal tahun Hijriah, dirayakan usai menjalankan ibadah puasa selama sebulan, yaitu bulan Ramadhan, Belum diketahui secara pasti asal muasal atau etimologi dari kata Lebaran ini.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia kata lebaran diartikan sebagai hari raya umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal setelah menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Sebagian orang Jawa mempunyai pendapat berbeda mengenai kata lebaran. Kata lebaran berasal dari bahasa Jawa yaitu kata “wis bar” yang berarti sudah selesai. Sudah selesai menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan yang dimaksud. “bar” sendiri adalah bentuk pendek dari kata “lebar” dalam bahasa jawa yang artinya selesai.

Namun, orang Jawa sendiri kenyataannya jarang menggunakan istilah lebaran saat Idul Fitri. Mereka lebih sering menggunakan istilah “sugeng riyadin” sebagai ungkapan selamat hari raya Idul Fitri.

Ada pula yang mengatakan “Lebaran” menurut asal katanya adalah ‘lebar’ yang artinya luas, sehingga lebaran bisa diartikan ‘melebarkan’ atau ‘meluaskan’. Makna kata ‘melebarkan’ adalah memperlebar persaudaraan dengan menyambung dan menjaga silaturahim. Entah sudah berapa ratus tahun kata ‘lebaran’ ini digunakan masyarakat Indonesia untuk menyebut hari raya Idul Fitri, dan nyatanya seringkali lebaran dijadikan moment terbaik untuk menyambung dan menjaga silaturahim.

Saat ini, Pusat Bahasa hanya bisa memastikan bahwa kata “lebaran” merupakan sebuah kata dasar yang terdiri dari tiga suku kata, yaitu le + ba + ran.

Yang terpenting, lebaran adalah hari untuk berbahagia dan bersukaria, mengenakan pakaian baru dan menikmati segala rupa makanan dan minuman yang lezat, merayakan kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa, berkumpul bersama keluarga di kampung halaman, serta bersilaturahmi dengan sanak keluarga dan jangan lupa berberlanja di toko LebaranLagi.com

Bagikan informasi tentang Tahukah Anda Asal Usul Kata Lebaran Tersebut ? kepada teman atau kerabat Anda.

Tahukah Anda Asal Usul Kata Lebaran Tersebut ? | Jual Beli Kue Lebaran Harga Murah dan Terpercaya

Belum ada komentar untuk Tahukah Anda Asal Usul Kata Lebaran Tersebut ?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Best Seller
OFF 13%
Rp 70.000 Rp 80.000
Ready Stock / TB
OFF 17%
Rp 50.000 Rp 60.000
Ready Stock / KK
OFF 17%
Rp 50.000 Rp 60.000
Ready Stock / KK
SIDEBAR